Mari Tingkatkan Sedekah

  • PCM Sepanjang
  • 27 Okt 2020, 14:30:00 WIB
Mari Tingkatkan Sedekah

Mari Tingkatkan Sedekah

PCMSPJ.COM - Sedekah merupakan ibadah yang berpahala besar karena rela menyisihkan sebagian rizki yang dimiliki untuk diinfaqkan di jalan Alloh atau diberikan kepada orang yang membutuhkan. Sedekah menjadi langkah meringankan beban seseorang. Karena di sekitar kita masih banyak yang mengalami kesulitan makan, kesulitan memenuhi kebutuhan. Apalagi di masa pandemic covied 19 ini banyak yang kehilangan pekerjaan. Sehingga sedekah menjadi kesempatan emas untuk berbagi. Alloh memberikan ladang pahala jika hambaNya memberi makanan atau sebagian rizki kepada sesama. Orang yang gemar infaq dan shodaqoh telah mendapatkan rahmat Alloh karena di hatinya tertanam jiwa sosial menyayangi sesama, merasa puas dan ikhlas saat memberi bahkan berupaya memaksimalkan amal sholih dan tidak takut kekurangan harta. Inilah yang dinamakan harta barokah. Nikmatnya tidak hanya dirasakan di dunia tetapi mengalir sampai yaumil qiyamah. Alloh telah berjanji di dalam alqur’an surat Al Baqoroh ayat 261 akan melapangkan pahala kepada orang yang menfkahkan hartanya. 

         مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ أَمْوَالَهُمْ فِى سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَعِفُ لِمَنْ يّشَأُ

                                                             #  وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ 

261. perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. Alloh menurunkan agama Islam di tanah Arab karena penduduk daerah tersebut punya jiwa dermawan yang tinggi dan rela berkorban. Jika penganut Islam rela megeluarkan hartanya di jalan Alloh maka agama ini akan semakin kuat. Sejarah mencatat para sahabat Nabi adalah orang-orang dermawan. Mereka punya jiwa penyayang, bahkan ada yang rela memerdekakan budak dengan hartanya supaya budak tersebut bisa hidup bebas tanpa ditindas. 
Sedekah sendiri memiliki etika supaya amalan tersebut tidak sia-sia dan bernilai pahala. Tentunya sedekah yang tidak menyakiti hati si penerima, tidak mengharap balasan lebih kepada si penerima dan tidak berbuat riya’ ingin dipuji orang. Boleh saja sedekah terlihat orang asal tujuannya untuk mengajak berbuat kebaikan. Karena didalam Islam sedekah boleh dilakukan secara sirri (sembunyi-sembunyi) dan secara ‘alaniyah (terang-terangan). Amalan ini juga menjadi penolong saat ditanya malaikat di alam kubur dan menjadi salah satu pintu masuk di surga. Begitu besarnya pahala sedekah sehingga orang yang sudah matipun ingin dibangkitkan kembali untuk bisa bersedekah.


SMA Muhammadiyah 1 Taman selalu membagikan nasi bungkus di hari jum’at kepada pengguna jalan dan warga sekitar. Kegiatan ini dilakukan di depan gedung sekolah dan sudah berjalan sekitar 6 bulan yang bertujuan untuk berbagi dengan sesama. Dana yang didapat adalah hasil infaq bapak ibu guru dan karyawan setiap minggu. Dipilih hari jum’at karena termasuk hari besar Islam. Hari yang sangat mulia dimana Alloh menciptakan langit dan bumi pada hari jum’at. Menurunkan Nabi Adam ke bumi pada hari jum’at dan kiamat juga akan terjadi pada hari jum’at. Ini menjadi bukti bahwa Smamita ingin mengajak warganya untuk fastabiqul khirot di jalan Alloh dan diharapkan menjadi sekolah penuh berkah yang bisa mencetak generasi qur’ani dan intelektual yang bisa bermanfaat untuk agama dan bangsa.

(ira Susanti)