PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH Sepanjang distribusian Hewan qurban Berupa kambing kepada ranting .

  • PCM Sepanjang
  • 11 Agu 2020, 15:43:14 WIB
PIMPINAN CABANG  MUHAMMADIYAH Sepanjang distribusian Hewan qurban Berupa kambing kepada ranting .

PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH Distribusian Hewan qurban berupa kambing.

Pcmspj.com - Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"  Suara takbir menggema , malam itu dengan indah dan syahdu. malam itu idul adha 10 dzulhijjah 1441 H. malam dimana seluruh kaum muslimin di seluruh dunia keesokan harinya melaksanakan shalat idul adha .
idul adha atau juga disebut idul qurban, lebaran haji .(bahasa Arab: عيد الأضحى‎) adalah sebuah hari raya Islam. DimanaPada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim Alaihis Salam A.S, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, nantinya  umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya. shalat yang dalam masa pandemi ini dilakukan secara protokol kesehatan untuk mencegah penularan wabah covid 19. 

Idul adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah pada kesempatan tahun ini bertepatan dengan juma'at kliwon 31 juli 2020 M. Suatu hukum ibadah kurban adalah sunah muakadah bagi Muslim yang telah memiliki kemampuan untuk berkurban. sebuah persembahan peribadatan untuk allah swt.


Dalam kaitannya dengan penyembelihan hewan qurban 10 DZULHIJJAH 1441 H ini. PCM MUHAMMADIYAH sepanjang membagikan hewan qurban kepada segenap ranting yang belum mampu atau kurang dalam penyembelihan . untuk dibagikan kepada warga sekitar. Tepat habis shalat isha' Malam itu pak fitian selaku bendahara umum pcm sepanjang menyapaikan pesan - pesan memulai acara prosesi pendistribusian kepada ranting setempat di dalam Komplek masjid AL- MANAR jl raya wonocolo sepanjang prosesi dilakukan. Satu persatu ranting terpilih mendapatkan bagiannya.
Mereka membwa daging qurban tersebut dengan becak motor alias bentor.Ahamdulillahi mereka pulang dengan selamat, tak terkecuali satu kambing qurban yang pada saat pembagian mencoba lari dari pengikatan .kambing lucu tersebut mencoba lari pada saat hendak dibagikan, menerobos besi pembatas mencoba melewati pagar utama keluar kompleks.namun dengan sigap panitia menangkapnya dan membawa ke tempat semula.